Assalamualaikum
Wr.Wb..
Dalam postingan
kali ini, yaitu tugas mata kuliah “ Matematika dan Ilmu Alamiah
Dasar “ (Softskill) , saya akan menyampaikan laporan hasil “ Pengobservasian Supir
Angkot “ yang berada di sekitar Kota Bekasi.
Sebelumnya
, apa itu “Angkot” ?
Angkutan kota atau
biasa disingkat Angkot atau Angkota adalah
sebuah transportasi umum dengan rute yang sudah ditentukan. Tidak seperti bus yang
mempunyai halte sebagai
tempat perhentian yang sudah ditentukan, angkutan kota dapat berhenti untuk
menaikkan atau menurunkan penumpang di mana saja. Jenis kendaraan yang
digunakan adalah minibus atau bus kecil.
Angkot di Indonesia memiliki berbagai macam istilah
tergantung daerah masing-masing. Di Jakarta angkutan kota dikenal dengan
istilah mikrolet. Di Surabaya angkutan kota lebih dikenal dengan istilah bemo. Di Kota Makassar dikenal dengan istilah pete-pete. Sementara, di Di Bandung angkutan kota lebih dikenal dengan sebutan angkot. Medan dikenal sebutan sudako. Malang dikenal sebutan angkota. Beberapa kota lain seperti Samarinda dan Bengkulu dikenal istilah taksi.
Setiap orang
memiliki karakteristik yang berbeda, begitu juga dengan para supir angkot.
Dimulai dari keramahannya, ketertertiban
berlalulintas , lama mengetem (mengangkut penumpang), bagaimana ia memberikan
kenyamanan / kebersihan di dalam angkot, dan banyak hal lainnya. Nahh.. hal-hal
tersebutlah yang di cantumkan dalam laporan pengobservasian ini.
Baiklah,
langsung saja ..
Berikut
laporan hasil Pengobservasian beberapa supir angkot yang berada di Kota Bekasi.
PENGOBSERVASIAN SUPIR
ANGKOT
(edisi
Bekasi 2018)
Tugas
ini merupakan tugas kelompok.
Berikut
nama-nama anggota Kelompok 2 :
Kelas
: 1PA14
1.
Ayudya Dwi Hapsari (Aktif)
|| 11517089
2.
Erlinda Yudistiani (Aktif) || 11517976
3.
Karina france (Aktif) || 13517136
4.
M. Jundi Azzuhair (Aktif) || 13517396
5.
Wawan
Ardhyansyah (Tidak Aktif)
6.
Yuliana Faustina (Aktif) || 16517345
Daerah pengobservasian : Kota Bekasi
Batas waktu pengobservasian : 1 Minggu
Poin dalam pengobservasian : Karakteristik
supir angkot saat berkendara
Sabtu, 10 Maret 2018
Pukul 15:00
No. Angkot : 05
1. Supirnya cuek,
2. Tertib
dan patuh dalam berlalulintas (tidak membahayakan penumpang maupun pengendara
disekitar jalan yang dilewati),
3. Tidak
menetap untuk menunggu penumpang, hanya berhenti jika ada yang ingin naik atau
turun,
4. Kondisi
angkot cukup bagus dan bersih.
Minggu, 11 Maret 2018
Pukul 09:35
No. Angkot : S.02
1. Kondisi
di dalam angkot kotor (banyak puntungan rokok),
2. Saat
berkendara ugal-ugalan / tidak tertib berlalulintas,
3. Bangku
penumpang rapi,
4. Supir
menyetel musik dengan volume keras,
5. Kondisi
angkot cukup terawatt,
6. Dalam
beberapa waktu, supir mengecek HP saat sedang mengemudi.
Minggu, 11 Maret 2018
Pukul 15:12
No. Angkot : K.02
1. Supir
menunggu penumpang dalam waktu yang cukup lama,
2. Kondisi
di dalam angkot Bersih
3. Tertib
dan patuh dalam berlalulintas (tidak membahayakan penumpang maupun pengendara
disekitar jalan yang dilewati)
4. Supir
angkot fokus dalam mengendara
5. Supirnya
ramah
Senin, 12 Maret 2018
Pukul 13:15
No. Angkot : 26
1. Kondisi
angkot bersih
2. Supirnya
ramah
3. Saat
terjadi kemacetan, supirnya memilih jalur pintas.
4. Tertib
dan patuh dalam berlalulintas (tidak membahayakan penumpang maupun pengendara
disekitar jalan yang dilewati)
Selasa, 13 Maret 2018
Pukul 08:13
No. Angkot : K.02
1. Supirnya
tempramen,
2. Saat
berkendara ugal-ugalan / tidak tertib berlalulintas ,
3. Bangku
penumpang banyak yang rusak
4. Angkot
suka berhenti di bahu jalan, sehingga menimbulkan kemacetan
5. Kondisi
angkot bersih
Selasa, 13 maret 2018
Pukul 10:00
No. Angkot : 36
1. Supirnya
ramah,
2. Kondisi
angkot bersih
3. Tertib
dan patuh dalam berlalulintas
4. Supir
angkot menyetel musik dengan volume yang standard dan membuat nyaman penumpang
5. Di
dalam angkot terdapat banyak hiasan.
Selasa, 13 Maret 2018
Pukul 14:38
No. Angkot : 04b
1. Kondisi
angkot bersih,
2. Supir
terlalu lama berhenti untuk mencari penumpang (bisa sekitar 30 menit-60 menit)
3. Angkot
berhenti di sembarang tempat (tidak tertib)
4. Saat
berkendara ugal-ugalan / tidak tertib berlalulintas
5. Jendela
pada angkot tidak bisa terbuka, sehingga suasana di dalam angkot terasa pengap,
6. Supir
menyetel music dengan volume yang sangat keras
7. Supir
suka memaksa penumpang agar tetap masuk, meskipun telah melebihi kapasitas
tempat duduk.
Sekian hasil
pengobservasian supir angkot dari Kelompok 2 , lebih dan kurang dalam penyuntingan laporan , saya mohon maaf.
Terimakasih.
Wassalamualaikum
Wr.Wb.
